Cara Mengetahui Susu Kambing Berkualitas Bagus

Fakta di pasaran, saat ini sudah banyak dengan berbagai macam merk susu kambing. Mulai dari susu kambing cair, serbuk, bahkan diberi tambahan rasa-rasa. Kami sarankan untuk lebih selektif dalam memilih susu kambing, jangan sampai anda tertipu oleh harga murah yang mana kualitasnya pun belum tentu bagus.Banyak pula produsen susu kambing yang mengklaim susu kambing hasil olahannya adalah susu kambing etawa yang berkualitas. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Banyak susu kambing etawa yang telah dicampur dengan berbagai bahan misalnya creamer, gula, sehingga akhirnya mampu mengurangi kualitas susu kambing tersebut.

Berbeda dengan susu kambing cair, susu kambing dalam kemasan serbuk lebih praktis dan lebih tahan lama sehingga konsumen cenderung memilih susu kambing serbuk. Adapun ciri-ciri susu kambing bubuk yang baik dapat diketahui dengan melakukan beberapa percobaan sendiri, guna mengatahui kadar susu maupun bahan pencampurnya dalam produk susu bubuk yang beredar dipasaran. Berikut ini cara mengatahui susu kambing berkualitas bagus, diantaranya :

a. mendekteksi kadar susu kambing
Susu kambing bubuk bisa diketahui kadar susunya dengan cara diseduh dengan air mendidih/ dimasak hingga mendidih kemudian tuangkan ke dalam gelas dan biarkan air susunya dingin kembali, akan muncul lapisan/ kumpulan minyak pada permukaan susu. Semakin banyak minyaknya bertanda semakin banyak kadar susunya.

b. Mendeteksi kadar gula buatan atau gula alami
Gula selain sebagai pemanis ia berfungsi sebagai mediator pelarut dan pengawet pada makanan, sehingga susu bubuk dapat bertahan lebih lama. Mendeteksi gula dengan cara melihat tingkah laku binatang asaat bila diberi susu, semakin banyak binatang yang suka (semut, kucing, kelinci), maka bisa dipastikan bahan yang dicampurkan aman dan alami, akrena binatang memiliki insting yang tajam terhadap makanan yang mengandung bahan kimia.

c. Mendeteksi bahan pencampur non protein
Agar harga susu bubuk lebih hemat, produsen menggunakan bahan pencampur tambahan untuk menambah berat susu, namun pencampur non protein dapat dideteksi dengan cara mengkonsumsi langsung tanpa diseduh air, bila terdapat bahan yang kenyal atau lengket dan tidak mudah larut saat dihisap dengan air ludah, kita bisa mengetahui kadar pencampur non protein dalam susu tersebut.

d. Tanda-tanda susu bubuk kambing etawa yang asli mudah dikenal dari fisiknya sebagai berikut :
1. Tepung susu berwarna kekuning-kuningan (kandungan kalsium tinggi)
2. Tidak mudah larut dalam air suhu normal
3. Muncul larutan minyak/ lemak dipermukaan air
4. Krim susu dengan air menyatu dan tidak pecah/ m enggumpal
5. Setelah larut air susu lebih kental karena kadar susu lebih banyak
6. Aroma susu tercium nikmat dengan rasa manis dan gurih
7. Bau khas kambing tidak tercium menyengat

Demikian artikel mengenai cara mengetahui susu kambing berkualitas bagus. Semoga bermanfaat

Sumber : mimfood.com

cara mengetahui susu kambing berkualitas

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengetahui Susu Kambing Berkualitas Bagus"

  1. rencana mw blik susu kambing..merk sky goat tw hi goat..bgus mn sy jd bingung

    BalasHapus