Cara yang Tepat Menggunakan Garam

Garam bukanlah penyebab penyakit, tapi malah obat mujarab seandainya digunakan dengan cara yang benar. Di dalam garam terdapat kandungan yodium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah informasi cara yang tepat menggunakan garam dalam masakan.

Garam tidak boleh dimasak
Kesalahan kita (kebanyakan orang Melayu) ialah memasak garam dengan memasukkan garam ke dalam masakan ketika sedang mendidih/ panas. Hal tersebut menyebabkan garam menjadi racun/ toksin. Jika garam digunakan dengan cara tersebut, maka garam akan menyebabkannya ber-asid dan membahayakan kesehatan serta mengundang berbagai penyakit. Selain itu kandungan yodiumnnya juga akan hilang.

Garam bersifat larut dalam air, tapi garam tidak tahan panas. Suhu masak garam setelah titik didih sering dinamakan pasteurisasi. Garam yang dimasak dengan suhu 100-400 derajat C, maka zat gizi yang terkandung pada garam akan teroksidasi/ menguap bersama suhu panas sehingga menyebabkan vitamni dan yodium yang difortifikasi menjadi rusak. Hasilnya yang kita konsumsi bukan lagi zat gizi tapi hanya rasa asin yang bisa menimbulkan toksin dalam tubuh dan menyebabkan penyakit yang sifatnya karsinogenik. Na Cl atau garam harsu diolah sesuai fungsinya. Jika pengolahannya salah, maka khasiatnya pun ikut salah.

Cara yang betul dalam penggunaan garam adalah :
1. Masaklah masakan yang ingin dimasak hingga selesai. Setelah berangsur hangat, barulah bisa mencampurkan garam ke dalam masakan
2. Masaklah masakan tanpa garam. Selagi makan, sediakan garam dan taburkan diatas makanan yang ingin dimakan sesuai degan selera masing-masing
3. Menempatkan garam yodium di dalam wadah tertutup rapat. Hanya baru dibuka ketika akan menggunakannya. Hal ini agar kandungan yodiumnya tidak menguap begitu saja. Ingat, zat yodium adalah zat yang mudah menguap.

Berbagai penyakit yang disinyalir timul akibat garam seperti darah tinggi, gejala penyakit jantung adalah penyebab penggunaan garam yang salah. Mulai dari sekarang gunakannya garam dengan tepat agar menjadi manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Semoga bermanfaat .

Sumber : konsepcemerlang

cara yang tepat menggunakan garam




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara yang Tepat Menggunakan Garam"

Posting Komentar