Alergi

alergi
Alergi adalah suatu peradangan dari rongga hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Penyakit ini sering terjadi dan bisa menyerang pada semua umur. Penyakit ini bisa sembuh dalam beberapa tahun, tetapi bisa juga selama hidup. Di beberpa Negara, serangan musiman dari alergi disebabkan oleh serbuk bunga yang disebut Hay Fever.Gejalanya orang tersebut bersin-bersin, hidung berair, dan pilek. Pada beberapa kasusu, matanya merah dan berair. Komplikasi alergi bisa disertai dengan penyakit asma/ eksema (gatal di kulit karena alergi).
Penyakit ini disebabkan karena hidung dan mata kadang-kadang sangat rentan terhadap rangsangan debu, serbuk bunga, asap rokok, parfum, rambut, bulu binatang, jenis makanan tertentu, dan perubahan udara. Reaksi alergi berupa peradangan dan pengeluaran cairan yang berlebihan.


Pencegahan :
-    Usahakan untuk menemukan penyebab alergi dan hindari.Setiap kali terkena serangan alergi (Hay Fever), perhatikan apa yang baru dirasakan atau terpapar sebelum timbulnya serangan, dan anda mungkin bisa menemukan penyebab serangan alergi tersebut.
-    Debu adalah bahan penyebab alergi yang umum, maka usahakan rumah selalu dalam keadaan bebas debu.
-    Hindari binatang peliharaan, karpet, cuci lantai setiap hari, dan gunakan bahan vinyl/ kulit untuk bantalan kursi yang mudah dibersihkan. Pakailah penutup hidung selama lantai sedang disapu.
-    Bila anda mengetahui alergi terhadap suatu obat tertentu, beritahukan kepada keluarga terdekat atau dokter/ dokter gigi pada saat konsultasi, juga kepada apoteker dimana anda membeli obat.

Sumber Therapy Herbal Berbagai Penyakit oleh Yohana & Yovita

alergi
 


Subscribe to receive free email updates: