Cara Mengobati Flu Pada Ibu Hamil

cara mengobati flu pada ibu hamil
Menjaga kesehatan pada saat hamil sangat penting karena akan berdampak langsung pada bayi yang dikandung. Ibu hamil harus tetap sehat selama mengandung dan setelah melahirkan agar dapat merawat bayinya dengan baik dan jangan sampai tertular. Namun terkadang ketika cuaca tidak bersahabat, kekebalan tubuh bisa saja menurun sehingga ibu hamil terserang flu.

Jika terserang atau mengalami gejala flue biasanya wanita yang tidak hamil akan meminum obat baik obat yang dijual bebas di warung atau apotik bahkan obat dengan resep dokter, dan tak lama setelah mengkonsumsi obat biasanya flu menjadi sembuh. Berbeda dengan wanita hamil yang tidak boleh sembarang minum obat, maka untuk mengobati flu ketika hamil sebaiknya gunakan cara yang aman untuk menghindari risiko pada janin yang dikandung.

Berikut ini beberapa cara alami mengatasi flu pada ibu hamil :
1. Perbanyak minum air putih. Untuk mengatasi flu pada Ibu hamil sebaiknya perbanyaklah minum air putih. Hindarilah minum air dingin atau air es dan biasakan untuk minum air hangat. Dengan minum air hangat akan membantu meringankan hidung tersumbat akibat flu dapat segera sembuh.

2. Makan sup hangat
Selain nikmat, sup hangat juga dapat membantu menyembuhkan flu pada bu hamil. Mengkonsumsi satu mangkok sup ayam akan membuat badan terasa hangat dan flu akan segera reda. Dengan mengkonsumsi sup ayam juga akan membantu menyuplai cairan yang dibutuhkan tubuh.

3. Hirup uap panas
Menghirup uap panas dari air mendidih dapat menjadi pengobatan alami flu pada ibu hamil. Uap panas akan membersihkan rongga hidung dari kotoran dan dapat mengurangi rasa sakit kepala. 

4. Cukup istirahat
Ibu hamil sebaiknya memiliki waktu istirahat yang cukup dan jangan sampai terlalu lelah. Selain itu, Ibu hamil juga memiliki beberapa pantangan aktifitas. 

5. Gunakan bantal lebih tinggi ketika tidur
Jika ibu hamil mengalami flu, sebaiknya gunakan bantal yang lebih tinggi ketika tidur. Cara ini akan mempermudah pernapasan ketika hidung tersumbat dan dapat membersihkan rongga hidung.

6. Keluarkan lendir
Saat batuk atau flu sebaiknya keluarkan lendir yang berada di tenggorokan dengan meludahkannya. Lendir di tenggorokan adalah bentuk sistem pertahanan tubuh untuk mengeluarkan bakteri atau kotoran. Jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah kesehatan lain.

Semoga artikel ini dapat membantu para ibu hamil yang sedang terkena gejala flu.

sumber : alami ilmiah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Flu Pada Ibu Hamil"

Posting Komentar