Cara Menghilangkan Kantung Mata Akibat Begadang

Kantung mata atau mata panda adalah gangguan kesehatan pada kulit di sekitar mata yang mengalami penipisan serta perubahan warna menjadi lebih gelap. Penyebab kantung mata yang biasa dialami oleh kebanyakan orang adalah seringnya begadang ataupun kurang tidur. 

Hadirnya kantung di bawah kelopak mata Anda secara tidak langsung akan mengurangi penampilan menarik Anda, selain itu juga mengurangi rasa percaya diri ketika ingin bercakap-cakap dengan teman apalagi kekasih. Oleh karenanya Anda harus melakukan perawatan secara berkala agar kantung mata bisa hilang.

Berikut ini kumpulan beberapa referensi berupa artikel mengenai cara menghilangkan kantung mata akibat begadang ataupun faktor lain.

1. Kompres Dengan Es Batu
Sering melihat para pegulat yang matanya menjadi hitam atau sebutan lainnya “bengap”? Biasanya ketika ronde selesai para perawat akan mengompres matanya dengan es batu. Tujuan dari kompres mata dengan es batu adalah mengurangi memar pada mata.

Melihat kasus tersebut ternyata es batu juga dapat dipakai untuk mengembalikan kesegaran mata. Anda hanya perlu berbaring sejenak sebelum tidur, lalu siapkan baskom berisi beberapa bongkah es batu, tempelkan di bawah kedua kelopak mata Anda. Biarkan es batu menyejukkan mata selama 10 menit, lalu bersihkan mata dan bergegaslah tidur. Rasakan kesegaran pada esok harinya.

2. Masker Kentang
Kentang mengandung asam fosfat dan asam sitrat yang berkemampuan akan meringankan peradangan atau inflamasi dan tidak mengandung astrigent. Karena hal tersebut maka banyak ahli yang merekomendasikan penderita kantung mata untuk menggunakan masker dari kentang.

Cara membuat masker kentang untuk menghilangkan mata panda :
- Siapkan satu buah kentang yang sudah dikupas kulitnya, kemudian cuci bersih.
- Iris tipis dan tumbuk hingga halus.
- Gunakan kentang yang telah halus untuk mengompres area sekitar mata.
- Biarkan hingga 30 menit lamanya, lalu angkat kentang dan bersihkan mata.

Cara ini cukup efektif untuk mengobati kantung mata.

3. Bengkoang
Buah ini kaya akan mineral, vitamin C dan B1 yang mana setiap nutrisinya baik untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Karena bengkoang juga memberi kesegaran pada kulit, menggunakannya untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata juga terbukti efektif. 

Caranya cukup memarut buah bengkoang, kemudian gunakan dengan cara kompres atau masker. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan. Lakukan secara rutin hingga kantung mata hilang dan jika kurang efektif Anda bisa menggunakan tips berikutnya.

4. Kantung Teh Celup Bekas
Jangan Anda kira ampas pada kantung teh celup yang telah dipakai tidak bermanfaat. Sebetulnya ampas kantung teh celup dari teh hitam atau teh hijau memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit karena terdapat kandungan zat tannin. Selain itu fungsi dari zat ini juga dapat melancarkan pembuluh darah.

Hubungannya dengan kantung mata adalah sama seperti bahan lain yaitu digunakan untuk mengkompres mata. Langkahnya sangat sederhana, siapkan sepasang kantung teh yang telah digunakan, rendam terlebih dahulu kedalam air dingin. Jika sudah, kompres langsung di area bawah mata setiap pagi dan menjelang tidur.

5. Timun
Buah ini juga mendapatkan bagian dalam hal memudarkan warna hitam pada area sekitar mata. Selain itu timun juga berkhasiat untuk melancarkan sistem peraliran darah dalam tubuh. Cara mengkompres mata pakai tmun sangatlah mudah.

Iris tipis-tipis mentimun, lalu tempelkan setiap 2 irisan pada kedua mata. Lakukan perawatan ini sambil menutup atau memejamkan mata. Jika Anda adalah orang yang cara tidurnya terbilang rapi, lebih baik melakukan cara ini sambil tidur agar hasilnya lebih maksimal.

Demikian rangakaian perawatan untuk mengurangi rasa lelah pada mata akibat aktivitas begadang. Sebenarnya cara menghilangkan mata yang paling efektid adalah menambah jam tidur atau setidaknya cukupi waktu tidur harian, yaitu selama 7 - 8 jam sehari.

Sumber : Cakrawala Sehat 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Kantung Mata Akibat Begadang"

Posting Komentar