Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Siapa yang tidak kenal dengan sariawan? Hampir setiap orang pasti sudah tidak asing lagi mendengarnya, karena keluhan ini hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Terlihat ringan dan tidk menyeramkan seperti penyakit-penyakit lain. Namun cukup mengganggu penderitanya karena akan membuatnya tak enak makan bahkan sulit berbicara. Tak jarang akibatnya membuat si penderita lemas karena tidak dapat makan.

Sariawan biasanya ditandai dengan peradangan atau bercak (tunggal maupun berkelompok) yang berwarna putih kekuningan. Biasanya ia menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Hal ini disertai rasa nyeri dan perih. Meskipun tidak tergolong berbahaya, sariawan sangat mengganggu.

Sariawan merupakan penyakit kambuhan atau berulang dalam hitungan minggu, bulan, atau tahunan. Sariawan bisa muncul kembali pada tempat yang sama ataupun berbeda, dengan atau tanpa pemicu fisik seperti tergigit atau tergores. 

Memang sariawan bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Dalam kondisi normal, luka itu bisa sembuh dalam waktu maksimal 2 minggu. Tapi jangan biarkan sairawan bertahan lama di mulut anda karena efeknya bisa berbahaya.

Sariawan yang tidak sembuh setelah lewat 2 minggu harus dicurigai bersifat ganas. Jadi harus diperiksakan ke dokter. Apalagi jika titik lukanya makin meluas. Salah satu penyakit dengan indikasi ini adalah kanker rongga mulut. Menurut sejumlah artikel kesehatan gigi, beberapa gejala kanker rongga mulut adalah luka berupa bintik merah atau putih di dalam mulut atau bibir, plus pendarahan yang cenderung konsisten di rongga mulut. Penyakit ini bisa didiagnosis jika si penderita menjalani biopsi. Penyakit kanker rongga mulut yang terdeteksi sejak dini masih memungkinkan terapi dan pengobatan yang sesuai agar tak merusak struktur organ rongga mulut.

Sariawan yang bertahan selam berbulan-bulan juga merupakan indikasi penyakit lebih serius seperti HIV/AIDS. Pada dasarnya, penyakit yang menyerang sistem kekebalan badan ini membuat tubuh mudah terinfeksi. Salah satu wujudnya ialah gangguan pada mulut seperti sariawan, sebab mulut tergolong rawan. Selain sariawan, juga biasanya terjadi diare yang terus menerus dan menurunnya berat badan secara drastis. Sehingga jika terjadi sariawan berkepanjangan disertai diare kronis dan berat badan yang menurun drastis, maka segeralah periksakan ke dokter. Jadi, sariawan memang tidak bisa dipandang enteng. Apalagi jika luka sariawan terus meradang, menimbulkan rasa nyeri dan perih yang berkepanjangan. 

Adapun penyebab timbulnya sariawan sangatlah beragam, diantaranya,
- daya tahan tubuh yang rendah
- kondisi mulut seperti kebersihan mulut yang buruk, luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas
- kondisi tubuh seperti adanya alergi atau infeksi
- luka akibat menyikat gigi terlalu keras, atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang
- kekurangan vitamin C, vitamin B12, zat besi, dan asam folat
- stress
- infeksi virus dan bakteri
- kondisi hormonal pada wanita (sedang atau menjelang menstruasi).

Cara Pencegahan Sariawan
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sariawan pada tubuh kita, antara lain :
- usahakan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi
- hati-hati saat menggosok gigi agar tidak menimbulkan luka di dalam mulut
- hindari memakan makanan yang terlalu panas
- banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, zat besi, dan folat seperti jambu biji, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, paprika merah, paprika kuning, paprika hijau, blackcurrant, strowberi, kailan, pepaya, kol mini, kiwi, orange, brokoli, mangga, grapefruit, jeruk dan lemon.

Cara Mengobati Sariawan
Cari tahu penyebab sariawan, apakah kekurangan vitamin C dan serat atau sebab lain. Bisa juga menggunakan beberapa resep cara mengobati sariawan secara alami berikut ini :
1. mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin
2. mengunyah daun kemangi dan kunyit
3. mengunyah daun jinten segar hingga lembut, biarkan sebentar di dalam mulut lalu buang
4. Rebus daun saga tambahkan sedikit garam, gunakan untuk obat kumur
5. Segenggam daun jamblang direbus dengan 4 gelas iar hingga menjadi 2 gelas, saring, dnginkan, gunakan untuk obat kumur, lakukan beberapa kali
6. berkumur dengan air kelapa muda
7. berkumur dengan air garam
8. dilakukan pembekaman pada daerah pelipis depan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengobati sariawan secara alami. Sariawan merupakan tanda bahwa ada yang salah di dalam tubuh kita. Telat menangani sariawan, bisa jadi telat mengobati penyakit yang lebih serius yang telah kita derita tanpa sadar.

sumber : Suara Hidayatullah edisi 10/ Februari 2015


cara mengobati sariawan secara alami


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Sariawan Secara Alami"

Posting Komentar