Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe banyak mengandung fenol yang berkhasiat sebagai antioksidan. Fenol utamanya adalah fenol-6 gingerol. Bioaktif ini memiliki kekuatan antioksidan yang kuat dalam melindungi seluruh kekuatan antioksidan yang kuat dalam melindungi seluruh sel dari paparan radikal bebas yang merusaknya. Uji biokimia menunjukkan bahwa gingerol dari jahe efektif menekan pembentukan nitrit oksida menjadi radikal bebas peroksida nitrit.

Konsumsi 10 mg jahe/kg berat badan pad tikus percobaan yang terekspos radiasi dapat menurunkan kerusakan akbiat radikal bebas. Studi lain menjelaskan bahwa konsumsi jahe mampu menurunkan keursakan yang disebabkan oleh peroksida lipid sejalan dengan meningkatkan kadar glutathione pasca konsumsi jahe.

Gingerol pada jahe dapat menekan inflamasi pada sendi
Secara mepiris jahe sering digunakan sebagai simplesia untuk mengatasi radang sendi. Senyawa antioksidan ini juga memiliki kemampuan yangs angat baik dalam mencegah inflamasi. Gingerol memiliki efek farmakologis yang sangat baik dalam menekan produksi cytokines dan chemokines yang diproduksi synovicytes, interleukin, chondrocytes (sel pada tulang rawan), serta leukocyte (sel imun).

Jahe memiliki efek kemoterapi
Tak sulit untuk mendapatkan bahan alami antikanker. Anda dapat memilih jahe untuk melindungi tubuh anda dari kanker. Konsumsi jahe dapat meningkatkan produksi glutathione untuk melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas yang menyerang sitoplasma dan mitokondria. Efektifitas ini karena jasa senyawa beraroma pedas gingerol. Bioaktif ini mampu menekan pro-inflamasi. Penurunan jumlah sel yang mengalami inflamasi ditunjukkan oleh menurunnya kadar vascular endothelial growth factor, interleukin-8, dan prostaglandin E-2 yang memicu terjadinya kanker.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Minnesota membuktikan bahwa konsumsi 0,5 mg gingerol sebanyak 3 kali sehari efektif mencegah perkembangan kanker kolon. Efektivitas tersebut berlangsung melalui mekanisme kemoprotektif dan kemoterapis dari gingerol terhadap carcinoma pada kolon.

Selain kanker kolon, gingerol juga efektif menekan kanker ovarium. Gingerol bukan saja efektif mencegah perkembangan sel kanker ovarium, namun juga mampu memusnahkan sel kanker melalui mekanisme pemusnahan (apoptosis) dan autophagocytosis.

Sumber : The Healing Power of Anti-Oxidant oleh Lanny Lingga, Ph.D

manfaat jahe untuk kesehatan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"

Posting Komentar